Selasa, 31 Oktober 2017

Memeriahkan Syukuran Panen BISI 12 di ds Sukadamai Kec. Natar Kab. Lampung Selatan (11/03/2008)




Ketika petani jagung di Lampung sudah mulai putus asa dalam upaya menggenjot produksi tanaman jagung dari varietas yang sudah ditanam selama ini, produsen benih jagung hibrida BISI merilis varietas barunya yang memberikan harapan nyata baginya, yakni BISI 12. Statement diatas dibuktikan dengan digelarnya Panen Raya BISI 12 di dusun Nggrasak Ds. Sukadamai Kec. Natar Lampung Selatan, Selasa kemarin (11 Maret 2008).


Acara yang dimotori oleh PT. Tanindo Subur Prima berserta Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kecamatan Natar sukses mengundang 600 peserta yang sebagian besar merupakan petani dari, Natar, Metro Kibang dan Marga Tiga. Petani terlihat antusias mengikuti acara. “Sebuah harapan baru digelar oleh Tanindo bagi Petani” ungkap Tarmono petani andalan Sukadamai.

Selain petani, pedagang jagung yang ada disekitar area hadir pula Moch. Yon Sekcam Natar, perwakilan Dinas Pertanian Natar serta Ir. Ponidi selaku Marketing Eksekutive Bandar Lampung, Agus Suwito Agronomis Lampung Selatan, Widodo Agronomis wilayah Lampung Timur, Didik, Eko dan Yoga spotworker area Lampung Timur.

Tingginya produksi BISI 12 dibuktikan dari hasil panen saat itu yang menghasilkan 11,5 ton per ha. Produksi ini merupakan lonjakan produksi yang luar biasa dari tanaman varietas lain yang ditanam didaerah ini yakni dengan produksi berkisar 7-8 ton per ha.

“BISI 12 okey… masuk nominasi Mas !!! Tongkol muput bahkan hingga pucuk tongkolpun ditumbuhi biji, klobot nutup rapet sehingga tidak tumbuh ditanaman, panen mudah/tidak ulet, kadar air rendah sehingga bobot tidak banyak susut bila keringkan. Inilah jagung harapan dan masa depan bagi petani jagung di Lampung “ papar Joko panjang lebar, petani penanam Jagung BISI 12 yang digunakan panen raya itu.

Agus Suwito team BISI area Natar dan Tegineneng ....turut bangga dengan BISI 12...


Heri Purwantoro berpose diantara deretan tongkol jagung BISI 12.... Mantap dan layak diandalkan....




Keunggulan BISI 12 yang kini di lihat dan dirasakan Tarmono dan Joko adalah gambaran dari keinginan petani jagung di Lampung khususnya. Dengan demikian, terjawab sudah keinginan itu, selamat mencoba. BISI 12 andalan petani jagung sekarang dan masa mendatang. Pasti !!!.





Oleh    : MHS

1 komentar: